Minggu, 20 Juni 2010

mencoba ISTANBUL


Seorang teman yang sempat kerja di biro perjalananlah yang menganjurkan perjalanan ini. Gara-gara cari tiket murah New York-Indonesia, dan katanya tak dianjurkanlah memakai maskapai penerbangan negara Tiongkok, maka terpilihlah Turkish Airlines.
"tapi transitnya 12 jam", katanya.
"dimana?", tanyaku.
"ISTANBUL" ....

maka buatku nggak ada alasan untuk berkata TIDAK!!! :D

MAka jadilah aku dan si iw sibuk-sibuk cari visa transit di konsulat Turki di New York... nggak ribet sama sekali, dan per-visa harganya $58 ... hmm..hmm... okelaahh

Pejalanan New York-Turki sendiri ngabisin waktu sekitar 9-10 jam. Lumayaaannn... muka emang sempet terasa panas-panas... tapi ini ISTANBUL boooss!!! kapan lagii?!!!! ehehhehe

Dengan berbekal informasi kalo si Turkish Airlines ini menyediakan jasa city tour gratisan buat para penumpang transit yang lebih dari 6 jam, maka kami pun bergagah gembira menenteng paspor dengan cap dan stiker visa turkiye untuk keluar bandara Istanbul!
Semua orang yang kami tanyain dimana letak 'kios'nya Turkish Airlines cuma nunjuk2 di sana.. di sana... akhirnya selama 20menitan kami muter muter gak karuan, berusaha menemukan itu meja. DAN KETEMU!!! yeiiyy!!!

dan kamipun harus menghadapi kenyataan... bahwa bis city tour yang terakhir sudah berangkat 10 menit yang lalu!!!! DAMN!!! wuaaahhh!!! jengkelnya minta ampun!
dan dengan senyum manisnya, si mas mas itu cuma bilang kalo kita bisa city tour sendiri naik kereta! HUAAAHH!!!

Maka sambil cemberut gak karuan, aku sama Iw menghampiri meja tourist information , dan berhasil dapet info gampang menjelajahi bangunan bangunan dan area turistik di Istanbul, naik trem, dengan dibekali selembar peta!!!





Dan dimulailah perjalanan kami!
Dengan tujuan akhir stasiun SultanAkhmet,kamipun naik kereta, yang disambung trem untuk ke tengah kota. Penumpangnya berjejal-jejal nggak karuan! Jadi nggak bisa motret suasana di dalem tremnya!
Nggak banyak kendaraan pribadi di tengah kota, jadi semua orang pada pake trem. Jarak antara satu stasiun ke stasiun yang lain nggak jauh kok... dan tengah kotanya sebenernya penuh dengan pertokoan mungil-mungil yang juga berjejal!
Kota yang lucu!


Sepanjang perjalanan dari dalam trem terlihat mayoritas bangunannya nggak terlalu istimewa. Yaaaa.. ruko ruko biasa... tapi di antara bangunan-bangnnan itu, tiba-tiba ada.. JENG JENG!!! Masjid tua dengan cungkup mblendhuk, yang ukurannya lumayan gigantis.
atau, ada area makam-makam tua. tetep asik untuk dinikmati mata!



Dan akhirnya sampailah kami di area SultanAkhmet itu...
di situ memang kumpulan bangunan bangunan tua yang banyak aku liat di brosur-brosur atau website informasi turis Istanbul. Ada Blue Mosque, Hagia Sophia, Grand Bazaar, dan beberapa menarik tempat lainnya. Lokasinya asik untuk jalan kaki!!! ASIIIIIKK sekali!! Banyak jalan tikus yang bisa ditelusuri. dan banyak banget toko-toko kecil yang lucu untuk disambangi.




ihihihihih... aku jadi inget, salah seorang teman sempat wanti wanti..
"ati-ati kalau di IStanbul, tantenya temenku masuk toko karpet, pintunya langsung dikunci sama yang punya. Kalau nggak beli nggak boleh keluar!", katanya.
hihihihiihih... aku sama Iw sempet bodoh dan parno.. Kita liat satu satu tokonya.. kalo pintunya kecil kita nggak mau masuk, takut dikunciin karena gak sanggup beli! aihiahihaihIAIAIAIH!!!!

Tapi ternyata enggak kok...
dari dua toko yang aku masukin, semuanya baik minta ampun.
Toko pertama, aku sempet beli tas dan pernik pernik kecil untuk oleh-oleh.. dan disitu kami malah dijamu teh panas asli Istanbul pake gelas mungil plus roti... wwuuhh!! perut rasanya langsung segaaarr!!!!

Dan toko keduaaaaa... hiks...


Begitu masuk ke toko ini, aku langsung bisik-bisik ke Iw...
"Iw... aku nggak mungkin nggak beli di sini..."
ihihihihih.. dan diapun nyengir pait! hihihiih.. ;p

Tapi akhirnya kami sepakat beli lampu di sini setelah obrolan panjang lebar kali jari-jari kali luas lingkaran sama penjualnya.
Kebetulan mereka bikin sendiri semua lampu yang mereka jual... (katanya sih begituu), jadi ilmu yang kita dapetin oke sekali !!
sang penjual, yang adalah Si mas ganteng yang berambut mohawk itu bahkan sempat berdiri satu kaki di atas bola lampu mozaik yang terbuat dari kaca itu. Dia bilang, ini cara ngebuktiin, kalo yang kuat adalah buatan Istanbul, dan yang gak kuat adalah made in... CHina!!!! uhhuyy!!!

Sayangnya, karena kami berdua terlalu terpesona sama lampu-lampu cantik itu, jadi lupa motret si mas gantengnya! hhehehe... dia juga sempet nawarin teh Istanbul yang sama dengan di toko pertama... tapi kami tolak dengan halus... tehnya kuat banget! pait dan gak pake gula! igigihihhi dasar Jawa!! maunya nasgitel!!!!

Nggak terasa udah 6 jam kami puter-puter kota Istanbul...
akhirnya kami mutusin buat balik ke airport. pundaknya pegel!!!
Bodohnya (karena baru pertama kali transit lama), kami gak nitipin barang bawaan di locker bandara!!! duuuhh!! payah deh!
hmmmm... tapi kami yakin pasti bakal balik lagi...
soalnyaaaaa...
tiap taun ada festival teater boneka internasional di Istanbul!!! HIYAAA!!! aihaihaih!!! (sebelnya.... pembukaan festival itu berlangsung tepat 3 hari setelah hari transit kami itu! HUH!)

okelaahh!! Istanbul memang manis!

8 komentar:

  1. Kudune bawa satu lampu iki buatku, hiks

    BalasHapus
  2. om dan tante ini kok jalan2 mlulu seh...jadi ngiri sehhhh...

    apa rahasianya ya?heeeeeeeeeee

    BalasHapus
  3. uwaaaa...asik buanget kotanya, bangunan2 eksotis dr batu, ku plg suka, pernak pernik nya jg kayanya menarik..n lampunya wuooookeeeyy bangets lhoo...hiks..jd tertariiik ><'kapn ya bs ke sana? makanannya gmn? turki tuh kebab kan? ku suka itu..tp teh nya pahit?uhm..kl yg tu ga lah..hehehe, soale ku suka maniss :) bersih bngt ya tempatnya..
    ajak2 donk kl mo ksana lg :)
    dr cerita mu ku bisa bayangin pst asiiiik bngt situasi tmpatnya...

    BalasHapus
  4. trimakasiiihh!!!
    Istanbul memang lucu untuk dikunjungi! awalnya di jalan sih perasaan kayak di Kuala Lumpur (tanpa mall besar dan flyover), tapi asik lah...
    lebih asik lagi kalo ada teme yang lama tinggal di situ dan bisa nunjukin tempat-tempat yang less-touristic.. hihihihih kayaknya mangkin seru tuh!

    heheh.. nggak ada rahasia rahasiaan untuk jalan-jalan begini, mbak rieztania!!!
    heheh apa yaa.... resepnya mungkin punya kerjaan yang bisa bikin kita jalan jalan gratis!! ihihihih...
    tapi percayalah, dari bayi aku memang sudah berkerudung keberuntungan... aku juga bingung... ehehehe amin amin deh... Tuhan baik banget sama aku... ffiiuh!!!
    jadi.. hayuukk jalan jalan bareeeng!!! :D

    BalasHapus
  5. trus beli kerudung keberuntungannya dimana?

    BalasHapus
  6. ngiahahha!!! beli dimana yaa??? nah itu dia.. mungkin efek rambut kriting ini yang bikin beruntung! hiihaihihaiha

    BalasHapus
  7. Ya, akhirnya dengan meredam rasa iri sebentar, kuberanikan baca postingan tak beradab ini. Hihi.. HUAAAAAAHHH.. Istanbul.. hiks hiks.. Saya yakin saya reinkarnasi orang Turki, soalnya tiap denger orang membahas Turki dan Istanbul, kok degdegan sendiri ya. Somedaylah pasti kesana. Bareng yaa (keukeuh)
    Trus lampu yg dibeli akhirnya yg mana? Dan apa itu Merkez Efendi? Siapanya Mas Iw? Dan gimana caranya kalo saya mau ikut rombongan festival teater boneka itu? hihi.. ngarep.

    BalasHapus
  8. wah.. dipandang dari senyumnya sih mas ryoichi ini emang pantes jadi keturunan Turki... mirip karpet, soalnya.. hihihiihihih... ampon ampoon!!

    lampu yang dibeli, ada fotonya di post-ku tentang "un-important things", mas... cantik sekali dia!
    hihihihi.. jangan dilamar ya...

    merkez efendi kita putret gara gara emang sedarah sama iwan effendi.. oohohoh.. itu tempat sebenernya ya kayak pertokoan gitu juga...
    soalnya antar stasiun itu deket banget kok.. kayak halte bis aja..heheh semacam apa ya..jalan solo gitu deh kalo di jogja... hihihiih

    caranya bisa ikutan rombongan festival teater boneka itu? waduh mas... nanti kalo saya udah tau, ya saya kasih tau ya.. sabar ya.. hihiihhi

    BalasHapus